Jumat, 07 Januari 2011

Mengapa Jarum Jam Bergerak ke Kanan?

Jam dinding 
Tentunya kita sering bertanya-tanya, mengapa jarum jam yang ada di seluruh Bumi ini bergerak ke arah kanan? Semua orang yang pernah melihat arloji analog, pasti pernah mendengar perkataan “ikuti sesuai arah jarum jam”. 
Kita juga pasti tahu bahwa arah bergerak jarum jam pasti selalu ke kanan. Tapi tahukah Anda mengapa jarum jam bergeraknya ke arah kanan dan bukan sebaliknya ke arah kiri.
Penyebabnya berdasarkan kebiasaan masa lalu, di mana sebelum munculnya arloji atau jam dinding seperti yang ada sekarang ini, manusia menggunakan matahari untuk menentukan waktu.

Nah, jam matahari (http://id.wikipedia.org/wiki/Jam_matahari) inilah penyebab utama mengapa sampai sekarang arah jarum jam bergerak ke kanan. Penggunaan jam matahari ini pertama kali digunakan oleh orang yang tinggal di belahan Bumi utara, di mana bayangan yang dijadikan sebagai penunjuk waktu berputar ke arah yang kini kita sebut searah jarum jam atau ke kanan. Jadi jarum jam bergerak menirukan gerakan bayangan matahari.
Mungkin saja jika dulunya jam matahari ditemukan di belahan Bumi bagian selatan, bukan tidak mungkin jam yang kita gunakan sekarang ini akan bergerak ke arah kiri. Inilah penjelasan sangat sederhana untuk pertanyaan yang jarang orang ketahui jawabannya, bahkan ditanyakan. Semoga berguna.